Materi Pelajaran

MATERI TAMBAHAN PCPT 2TMO

Posted on: 3 Maret 2009

Sebentar lagi kalian siswa kelas 2TMO Bintek akan melaksanakan ujian mid semester. Postingan kali ini akan saya berikan materi tambahan dan ringkasan materi PCPT 2. Silahkan dicopi dan paste di word serta dipahami. Atau lebih mudahnya bisa dibuka langsung lewat HP.

SISTEM KEMUDI
Berfungsi untuk mengendalikan arah gerak kendaraan. sesuai dengan keinginan pengemudi.
Bagian sistem kemudi manual :

1. Steering Column
Untuk meneruskan arah putaran dari kemudi ke stering gear.

2. Stering Gear.
Untuk memungkinkan roda depan dapat diarahkan sesuai dengan arah putaran kemudi yang diinginkan.
Jenis steering gear :
a. Worm and sector roller
b. Worn and sector
c. Screw pin
d. Screw nut
e. Recirculating ball
Fungsi komponen pada recirculating ball :
– Roda kemudi : mengendalikan arah roda depanmelalui lengan penghubung
– Poros utama kemudi : mengirim gaya putar roda kemudi ke bak roda gigi kemudi
– Batang kemudi : merupakan tempat poros utama
– Bak roda gigi kemudi :merubah gerakan putar roda kemudi ke gerakan maju mundur lengan penghubung dengan memberikan tambahan gaya
– Lengan pitman: digerakkan maju mundur oleh bak roda gigi kemudi dan dihubungkan dengan batang penghubung
– Batang penghubung : menghubungkan tie rod di sebelah kanan dan kiri
– Tie rod : menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung
– Lengan idler : menunjang batang penghubung dan tie rod dalam gerakan maju mundur
– Lengan nakel : mengendalikan roda-roda depan sesuai dengan gerakan lengan penghubung
– Ball joint : tempat berputarnya roda-roda depan
– Bantalan atas : tempat dudukan peredam kejut
f. Rack and pinion

3. Steering linkage
Untuk memindahkan tenaga putar dari steering wheel ke roda depan.
Ada 2 model :
a. Model rigid axle
b. Model suspensi bebas

POWER STEERING
Komponen Power Steering yaitu :
1. Pressure feed hose
2. Pendingin oil
3. Vane pump
4. Return tube
5. Steering gear box

GANGGUAN DAN PENYEBAB KERUSAKAN PADA KEMUDI SEPEDA MOTOR
1. Stang kemudi mempunyai kelonggaran berlebihan
Penyebabnya :
a. Pemegang handle bar longgar
b. Baud steering head longgar
c. Baud garpu muka longgar
d. Bantalan steering head rusak
2. Stang kemudi kaku
Penyebabnya :
a. Tekanan ban depan rendah
b. Baud kepala kemudi terlalu kencang
c. Mur kepala kemudi terlalu kencang
d. Tangkai kemudi bengkok
e. Bantalan kepala kemudi tidak diminyaki
f. Rumah bantalan kemudi cacat
g. Kabel salah arah
3. Sepeda motor menarik ke salah satu sisi
Penyebabnya :
a. Garpu depan bengkok
b. Peredam kejut belakang rusak
c. Pegas peredam kejut belakang lemah
d. Permukaan oli di garpu depan tidak sama tinggi
e. Lengan ayun bengkok atau poros bengkok
f. Roda keluar dari garis
4. Stang kemudi sangat bergetar
Penyebabnya :
a. Pemegang stang kemudi longgar
b. Poros roda longgar atau pemegang poros longgar
c. Poros roda bengkok atau velg roda melendut
d. Jari-jari longgar
e. Roda keluar dari alignment
f. Ban gundul
g. Peredam kejut belakang bocor
h. Bantalan pivot garpu bawah aus

SISTEM SUSPENSI
adalah mekanisme yang ditempatkan antara body atau rangka dan roda-roda, yang berfungsi untuk menahan kejutan yang ditimbulkan oleh keadaan jalan dan memberikan kenikmatan mengendarai mobil

Bagian-bagian sistem suspensi :

1. Pegas
berfungsi untuk menahan kejutan-kejutan.
Dibagi 3 macam :

a. Pegas daun
Terdiri dari lapisan plat baja yang disusun menjadi satu. Dimulai dari pegas yang pendek yang terletak paling bawah sampai pegas paling panjang berada di atas.
Keuntungan : mampu meredam beban yang besar

b. Pegas coil
Keuntungan : tidak terjadi gesekan antar pegas
Kekurangan : saat menerima kejutan, akan dilendutkan, sehingga menyebabkan kejutan balik yang cepat

c. Pegas torsi
Dipasang pada mobil-mobil kecil pada roda depan. Pegas ini mampu menahan puntiran.

2. Shock Absorber
Untuk meredam oksilasi pegas akibat kejutan jalan.

Pembagian shock abserber :
a. Menurut cara kerjanya :
– Kerja tunggal
– Kerja ganda
b. Konstruksinya :
– Twin tube
– Mono tube
c. Medium kerja :
– Hidrolis
– Pneumatis

SUSPENSI SEPEDA MOTOR
Fungsinya :
1. Penghubung antara roda depan dan frame
2. Menyerap bantingan dan goncangan yang keras
3. Mengurangi ayunan pegas

JENIS SUSPENSI SEPEDA MOTOR
1. Telescopic
2. Button link

JENIS GANGGUAN SUSPENSI SEPEDA MOTOR
1. Pemegasan buruk
Penyebabnya :
a. Tekanan ban terlalu tinggi atau rendah
b. Viscositas oli pada garpu depan terlalu kental atau encer
c. Permukaan oli terlalu tinggi atau rendah
d. Minyak bocor dari garpu depan
2. Sepeda motor bergetar
Penyebabnya :
a. Peredam kejut rusak
b. Tekanan ban terlalu tinggi atau rendah
c. Mekanisme ban belakang dan depan tidak seimbang

Semoga Bermanfaat.

3 Tanggapan to "MATERI TAMBAHAN PCPT 2TMO"

semoga kita semua lulus dengan nilai baik teman-teman…
amiin..

maaf, mengganggu pak! gini aq dapat tugas mencari bagian-bagian dari steering gear tipe recirculating ball power steering. dan lengkap dengan dimensi-dimensinya, mulai dari celah sampai perbandingan fluida yang dikeluarkan, bapak bisa bantu gak???
salam,,

pak saya sangat membutuhkan modul Pendidikan Dasar Teknik Mesin untuk kelas X.XI .
salam
terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cara hubungi kami :

Tulis pertanyaan pada halaman pertanyaan Kirim Email ke : ekokustri@gmail.com Sms : 085726333337 Chatting

Mau Chatting dengan Saya ?

HP Temanmu

Untuk menuju ke halaman yang berisi nomor HP teman-temanmu, silahkan masukkan passwordnya ! Untuk mendapatkan password sms ke 085726333337 sertakan nama dan kelas. Setelah mendapat password Klik Disini

Yang baru datang

Yang Sudah Main Kesini

Maret 2009
M S S R K J S
« Feb   Mei »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
%d blogger menyukai ini: