Materi Pelajaran

Prakerin

Posted on: 30 November 2008

PRAKERIN

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
1. Segeralah mencari tempat untuk prakerin. Karena selain harus bersaing dengan teman sendiri, siswa juga harus berebut untuk mendapatkan bengkel dengan siswa dari sekolah lain yang juga bersamaan waktunya.
2. “Pak, bagaimana kalau bengkel cuma memberikan ijin 1 bulan, padahal seharusnya 3 bulan?”. Boleh saja 2 bengkel dlm 3 bulan. Tapi akan lebih efektif kalau 3 bulan di 1 bengkel, karena kalau siswa prakteknya berpindah-pindah bengkel, mereka harus beradaptasi lagi dengan bengkel atau karyawannya.
3. Pilihlah bengkel yang banyak mobil masuk dan keluar. Masuk artinya banyak pelanggan yang datang, sedangkan keluar artinya banyak mobil yang bisa terselesaikan. Kenapa? karena siswa akan lebih banyak tahu spesifikasi, kerusakan maupun cara perbaikan dari berbagai merk mobil.
4. Prakteklah secara berkelompok. Karena kalau berkelompok akan memberi kemudahan kepada siswa. Mudah dalam menyusun laporan dan bisa saling bertanya jika menemui kesulitan, selain itu juga tidak minder.
5. Pilihlah bengkel yang bisa “ngopeni” siswa. Artinya jika siswa menemui kesulitan atau bertanya, karyawan mau menjelaskan atau menjawab. Mengapa? karena ada bengkel yang membiarkan siswa. Masuk atau tidak masuk tidak mau tahu, apalagi jika bertanya, malah mendapat marah. “Masa gitu aja ga bisa…” atau “Yang kamu dapatkan dari sekolah apa?”
6. Pilih bengkel yang gratis. Karena ada bengkel yang mengharuskan siswa praktek untuk mengeluarkan biaya prakerin. Kalau beruntung, malah ada siswa yang mendapat upah tiap minggunya, karena dianggap seperti karyawan yang lain. Atau mungkin juga disediakan makan siang dan tempat nginap. Tapi semua itu tergantung kebijakan bengkel masing-masing.
7. Jangan menganggap prakerin sebagai hari libur. Karena bagi siswa yang biasanya harus berangkat pagi, tiba di sekolah sebelum jam 06.45, pada waktu prakerin malah menjadi malas berangkat ke bengkel, dikarenakan bengkel buka jam 08.00 atau jam 09.00. Akibatnya sewaktu penarikan ke sekolah, masih terbiasa seperti itu juga. Tujuan Prakerin adalah belajar menghadapi tempat kerja yang sebenarnya. Belajar dimarahi pimpinan, belajar menyikapi bagaimana kalau “kress” dengan karyawan dll.
Semoga tulisan ini bermanfaat, terutama bagi siswa yang akan melaksanakan prakerin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cara hubungi kami :

Tulis pertanyaan pada halaman pertanyaan Kirim Email ke : ekokustri@gmail.com Sms : 085726333337 Chatting

Mau Chatting dengan Saya ?

HP Temanmu

Untuk menuju ke halaman yang berisi nomor HP teman-temanmu, silahkan masukkan passwordnya ! Untuk mendapatkan password sms ke 085726333337 sertakan nama dan kelas. Setelah mendapat password Klik Disini

Yang baru datang

Yang Sudah Main Kesini

November 2008
M S S R K J S
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d blogger menyukai ini: